Senin, 15 Februari 2016

Praktek kue cubit

Assalamu'alaykum folks

Semangaat pagi!

it's monday btw.
kata mutiara dari google tentang "monday" yaitu,
Monday, The Beginning of one beautiful week.
hoho sok bijak sekali ya kata-kata nya :3
saya lagi semangat sekali hari ini, kenapa? karena weekend kemarin saya ga useless2 amat lah wkwk. iya sabtunya coba bikin cemilan sendiri, kue cubit haha.

monggo dibaca lanjutannya..

Jumat malam - malam sabtu,
rutinitas jumat malam biasanya kalau ga nonton tv ya nonton film (apa lagi yang ber-series) alamat sampe pagi hoho karena masih libur kul-yeah jadi paginya bisa bangun siang. tapi jumat malam kemarin beda soalnya saya cuman nonton tv buentar terus bubu sekitar jam 10 an. ini jarang-jarang kejadian :3

paginya saya jadi bangun pagi banget sekitar jam 5, ya emang harus begitu kan wkwk.
motto "semalem-malem nya atau sepagi-pagi nya tidur, wajib bangun pagi buat sholat! setelah itu bubu lagi gppa sampe... ya sebangunnya wkwk"

dan kemarin setelah sholat terus bubu lagi, meskipun berasa ngga ngantuk tapi saya tetep tidur karena uda kebiasaan --v sekitar jam 10 saya sudah mandi dan berniat mau ke dapur nemuin mba Tini (yang bantu2 dikosan) buat ngomong kalau mau pinjem dapur buat praktek bikin kue, dan ternyata mba Tini lagi bikin beberapa kue buat arisan katanya, dan waktu arisannya uda mepet banget, akhirnya saya bantuin mba Tini sambil tanya2 resep kue yang bakal saya praktekin, saya minta temenin juga pas praktek nanti biar kalau ada apa2 mba Tini bisa bantuin hoho. Fyi, mba Tini ini jago banget bikin kue sama bikin masakan yang lain juga.

onde-onde, saya bantuin mba tini bikin ini. cantik kan onde2 nya <3 piringnya kurang pas tapi wkwk. ini salah satu yang dibikin mba Tini waktu itu




Oke langsung aja, awal mula pingin bikin kue cubit karena iseng sebenernya dan karena bikinnya ga ribet juga jadi pingin nyobain praktek, daaan alasan utama adalah saya doyan nyemil haha. biar lebih hemat bikin cemilan sendiri.. dan selain itu ini salah satu resolusi di tahun 2016 ini, makin banyak belajar di dapur!

Ini dia,

Bahan :
- 100 gram  Tepung terigu
- 100 gram gula
- 100 gram mentega
- 3 butir telur
- 1 sdt vanille bubuk
- 1/2 sdt baking soda
- 1/4 sdt sodakue
- susu putih kental manis (ini optional aja, penjelasannya dibawah)
- topping sesuka isi dompet hati
(bisa ditambah perasa biar telornya ga berasa, dan bisa ditambah pewarna juga biar kue nya lebih berwarna huehe, pewarna makanan ya! )

ini bahan yang saya pake kemarin. saya pake terigu bogasari bukan karena pingin pake itu tapi adanya di toko itu yasudah saya beli aja, gula nya pake gulaku karna kebetulan punya nya itu, ada 2 susu kental manis yang sebenernya iseng buat topping tapi ternyata itu berguna! terus ada meses di toples pink yang saya ga beli alias gratisan wkwk, kebetulan pas kemarin2 lagi sakit ada yang ngasih roti sama meses biar ga lupa sarapan katanya (dari sodara koo) lalu ada 2 keju yang saya sengaja beli renceng biar murah wkwk dan yang terkahir 3 bur telur ayam yang alhamdulillah sisa dulu abis beli huehe masih fresh ko tapi.
ini topping yang saya pake, ada keju, almond crispy cheese rasa green tea, dan meses

 Cara membuat :
1. kocok telur dan gula hingga mengembang tapi jangan kelamaan (pake mixer yap biar cepet)
2. lelehkan mentega, api nya sedang aja jangan terlalu panas
3. siapkan tepung terigu yang sudah di tambahkan vanille, baking soda, & soda kue (dicampur ya, bukan diaduk)
4. setelah telur dan gula mengembang, campurkan tepung yang telah dicampur vanille, baking soda, & soda kue. aduk hingga tercampur rata ya.
5. perasa dan pewarna bisa ditambahkan setelah step 4, tapi di praktek kali ini saya ga pake perasa dan pewarna. yaa pingin aja sih wkwk, biar rasanya polos gitu.
6. setelah adonan tercampur semua, diamkan sebentar
7. panaskan cetakan dengan api suuuper kecil sampe mau mati ya! ini beneran, biar ga gosong, biar ga failed.
8. setelah cetakan panas, masukan adonan, bisa sampai matang atau setengah matang
9. tambahkan topping ketika mau diangkat

Cetakan yang saya pake, ini anti lengket ya jadi ngga perlu di olesi mentega dulu, kalau misalkan cetakannya lengket jangan lupa dioles pake mentega dulu ya guys. kue cubitnya jadi bolong-bolong gitu ya jadinya :3 kata mba tini sih bagus soalnya jadi berserat nantinya
Dan taraa ini dia kue cubit yang uda mateng, kalau dilihat dari warna memang agak kuning ya, ini warna dari margarin, mungkin kalau di abang2 kue cubit di pinggir jalan warna nya putih gitu, muungkin karena margarinnya sedikit. dan ini ada yang matengnya well done & medium done

 Oiya saya akan menjelaskan kenapa susu kental manis nya bermanfaat, jadi pas cetakan pertama, bagian bawahnya sedikit keras tapi tetep empuk dibagian tengahnya, terus kata mba Tini coba ditambahin susu kental manis biar tambah lemes gituu, dan setelah saya tambahin beneran tambah lemes kue cubit nya, dan rasanya makin oke loo, tapi rasanya sedikit lebih manis. bagi yang ga begitu suka manis bisa dikurangi untuk gula pasirnya. tapi buat saya sih pas ya. dan saya pake susu kental manis yang vanila 1 sachet.

ini kue cubit yang matengnya bener2 setengah mateng ya hoho, ini sengaja cuman sedikit soalnya setelah itu langsung saya makan huehe, karena lebih enak dimakan pas anget2 hmm yummy :9
 dan ini jadinya banyaaak, ga habis kalau dimakan sendiri! bisa sampe 3 porsi an. jadi jangan lupa berbagi ya! jangan bagi foto aja :p
oiya resep-resep dan cara bikin sumbernya dari temen namanya amanda putri, baik deh dia hehe. saya tanya lewat whatsapp, jadi kita mentoring nya ldr gitu ceritanyaa.
alat-alat yang saya pake minjem semua lo, beruntunglah saya yang punya ibu kosan hobi bikin kue dan baik hatinya :3

selamat mencoba yaa, semoga resep ini bermanfaat.

Wassalamu'alaykum.wr.wb

2 komentar: